Ads (728x90)

Pictures

Technology

728x90 AdSpace

Sports

Fashion

Travel


 
 
Umumnya, anak usia sekitar satu tahun, sudah bisa mengucapkan minimal lima kata, misalnya, mama, papa, bola, ya, itu, dan sebagainya.

Kemudian, pada usia dua tahun, semestinya anak sudah bisa bicara dengan rangkaian kalimat sederhana. Namun, jika si kecil tidak memperlihatkan perkembangan tersebut di atas, bisa jadi anak Anda mengalami gangguan kemampuan bicara. Pasalnya, anak yang dianggap terlambat bicara adalah saat berusia dua atau tiga tahun, tetapi masih kesulitan menyebutkan kata-kata sederhana dan mudah. Melatih anak agar tidak mengalami kesulitan bicara, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Baca buku
 

Bayi memang sulit untuk fokus dalam satu hal, apalagi memahami cerita yang Anda bacakan padanya. Namun, jangan sepelekan manfaat ritual baca buku bersama anak. “Tetap bacakan buku, meski anak tidak mendengarkan Anda. Seiring waktu, perhatiannya juga akan tertuju pada Anda dan memperhatikan Anda ketika membaca buku padanya,” kata Miranda Russel, seorang konsultan di tempat perawatan dan penitipan anak di Inggris.

Permainan ulang kata

Biarkan anak Anda menciptakan sendiri kata-kata yang dia ulang dari mendengarkan Anda.

Matikan televisi

Televisi atau radio di rumah Anda terus dan sering menyala, ini bisa menjadi masalah untuk perkembangan kemampuan anak dalam bicara.

Hilangkan kebiasaan ini. Sebab, anak akan lebih mudah mengulang apa yang Anda sebutkan tanpa suara bising dari televisi. Selain itu, membaca buku dengan televisi menyala merupakan usaha yang buang-buang waktu.

Posting Komentar