Ads (728x90)

Pictures

Technology

728x90 AdSpace

Sports

Fashion

Travel

Tahun 2017 sudah berjalan satu semester. Perlu dievaluasi, apakah pencapaian karier tahun ini sudah lebih baik ketimbang tahun 2016 yang lalu? Bila masih dirasa belum, kira-kira apa yang ingin dilakukan? Apakah ingin berganti karier di semester pertama tahun ini? Pertanyaan semacam itu pasti sudah sangat biasa terlintas di kepala. Terlebih bagi yang merasa bahwa pencapaian karier masih stagnan dan belum memuaskan. Tak perlu khawatir apalagi sampai berputus asa. Pasalnya, pada 2017, terdapat beragam industri yang berkembang dan menyerap tenaga kerja. Industri-industri tersebut diperkirakan bakal terus berkembang. Ini tentu saja menjadi peluang tersendiri bagi para pencari kerja. Berikut ini adalah ulasan yang memberikan informasi tentang pilihan industri terbaik bagi para pencari kerja saat ini. 


Tren dunia industri terus berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang selalu berkembang. Saat berbicara tentang industri, tak melulu berbicara tentang sebuah manufaktur besar yang karyawannya bekerja berdampingan dengan mesin-mesin. Setidaknya, ada lima tipe industri yang bertumbuh secara signifikan dan membawa manfaat bagi penyerapan lapangan pekerjaan di Indonesia.
 
1. Industri Kreatif, Industri yang Terus Bertumbuh


Tak bisa diremehkan, industri kreatif memberikan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai Rp642 triliun tahun 2015. Jenis industri kreatif yang beragam membuka banyak lapangan kerja baru. Sektor terbesar industri kreatif meliputi media dan pertelevisian, penerbitan, seni dan desain, fashion, serta kuliner. Selain itu, sektor kerajinan, periklanan, visual, sampai pengembangan aplikasi berbasis aneka sistem operasi, baik untuk komputer maupun smartphone, masuk dalam ranah industri kreatif.
 
2. Industri Kesehatan yang Berkembang Seiring Banyaknya yang Butuh Pengobatan
Diperkirakan industri kesehatan terproyeksi bertumbuh hingga 16% dari tahun 2012 hingga 2024. Pertumbuhan ini berbanding lurus dengan pertambahan pasien dari tahun ke tahun. Tentu saja ini berdampak pada terbukanya peluang kerja bagi tenaga medis, baik dokter, perawat, maupun tenaga pendukung kegiatan kesehatan nonmedis, misalnya tenaga administrasi rumah sakit dan lainnya.
 
3. Industri IT Menyerap Banyak Tenaga Kerja
Kebutuhan akan tenaga IT profesional membuat industri IT menjadi industri yang cukup menjanjikan. Industri IT saat ini menjadi primadona baru dalam dunia kerja. Sebab kebutuhan tenaga IT diperkirakan masih akan terus tumbuh hingga 10 tahun mendatang.
 
4. Industri Pariwisata dan Perhotelan Meningkat karena Besarnya Minat Travelling
Industri berikutnya adalah industri pariwisata yang peningkatannya berimbas pada pertumbuhan industri perhotelan. Setidaknya, sampai tahun 2017, lebih dari 3.000 unit kamar hotel baru telah dibangun di Indonesia. Belum termasuk villa, motel, dan penginapan. Jumlah ini berarti menunjukan adanya peningkatan.
 
5. Industri Konstruksi Membutuhkan Banyak Orang karena Gencarnya Pembangunan
Data dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menunjukan bahwa hingga tahun 2019 nanti terdapat setidaknya 30-an proyek infrastruktur Negara yang menjadi proyek utama dalam negeri. Misalnya, Inland Waterway di Cikarang-Bekasi-Laut (CBL), proyek kereta cepat Bandara Internasional Soekarno-Hatta, jalan tol Trans Sumatra sebanyak 8 ruas, dan pemerataan pembangunan infrastruktur hingga ke daerah Terpencil, Terluar, dan Tertinggal (3T).

Kelima Industri ini adalah contoh paling mendasar dari jenis-jenis industri yang akan terus berkembang di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi bisa ikut mendorong pertumbuhan pembangunan dalam negeri terutama pada bidang-bidang tersebut.

Pendidikan adalah Kunci agar Terserap ke Dunia Kerja


Peningkatan sarana pendidikan menjadi pendukung pertumbuhan industri dalam negeri yang nantinya membawa dampak terhadap penyerapan tenaga kerja. Sebenarnya, pasar tenaga kerja dari industri di berbagai sektor sangat terbuka lebar. Namun, belum maksimal dalam menyerap angkatan kerja dalam negeri karena notabene kemampuan sumber daya manusianya yang masih perlu ditingkatkan.

Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan berkualitas harus dilakukan secara berkesinambungan. Tujuannya agar sumber daya manusia yang ada mampu bersaing dan terserap ke berbagai sektor industri dalam negeri.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar